Saturday, August 8, 2015

Biaya - biaya Nikah.... You need to know! part 1



" Kapan NIKAH? "



Pertanyaan ini tidak seMENGERIkan ketika marketing menyebutkan nominal-nominal untuk biaya pernikahan.



Penasaran? Tentu!

Salah satu yang saya search di google adalah biaya/harga/budget/promo untuk pernikahan. Namun sayangnya, tidak terlalu banyak yang share. Berawal dari ini, coba saya share mengenai wedding yang mudah-mudahan membantu para calon pasangan.



Sebelumnya saya sudah share poin wajib untuk sebuah acara pernikahan disini. Dan untuk kali ini, bukan saja pasangan dan restu orang tua yang diperlukan. Tapi UANG untuk memenuhi 13 poin wajib tersebut. Jika sebelumnya saya mengatakan waktu yang diperlukan adalah 8-12 bulan, itu sangat berguna untuk memperpanjang cicilan. Hihihi...



Biaya poin wedding 2014 - 2015 :

1. Gedung / restaurant.

Jika kamu dan calon berencana di tahun 2016, akan jauh lebih baik untuk deal 2015. Alasannya? Kemungkinan besar anda mendapatkan harga 2015. Kenaikan sewa tempat resepsi cukup terlihat. Share pengalaman, calon pasangan saya deal di akhir desember 2014 untuk pertengahan juni 2015, di angka Rp 180.000.000,-/500 pax. Sedangkan salah satu kenalan saya, deal di awal Januari 2015 untuk September 2015, di angka Rp 230.000.000,/500 pax. Selisihnya 7 hari, dengan angka Rp 50 juta. Klik disini (blogging soon), untuk daftar harga sewa gedung.


2. Undangan. 
Ada banyak vendor yang menyediakan jasa cetak undangan. Untuk list lengkap bisa akses ke weddingku.com. Untuk harga? Hampir sebagian besar sama, selisih harga tidak jauh beda, kalaupun beda itu jatuh di kualitas. Sebelumnya saya bercita-cita membuat undangan bentuk scroll seperti titah kerajaan. Kisaran harga di Rp 18.000 - Rp 25.000. Selisih 7 rb kan jauh beda! Ingat, kualitas berbeda setiap vendor, ini dapat mempengaruhi harga. Harga paling murah undangan di Jakarta, saya dapatkan Rp 7.500,-/udangan, dengan pemesanan 350. Kalau paling mahal, saya dapatkan Rp 65.000,-/undangan, model cutting. Konon katanya, undangan jangan mahal, karena akan dibuang ke tong sampah. :( Jangan malu, untuk langsung bertanya ke vendor yang sesuai budget, daripada bingung. :) Klik disini, untuk daftar harga undangan (blogging soon)

3. Photo Prewedding. 
Nah, kalau yang ini wajib di survey terlebih dahulu. Untuk photo prewedding, saya simpulkan ada 2 hal. Yang pertama fasilitas prewedding dari bridal atau yang kedua non bridal atau special photography. Beda pertama dan kedua? Pertama, ada beberapa bridal yang menyediakan jasa photo prewedding seperti Yohannes Bridal, JJ Bride, Hillarity Bridal, dan lainnya. Untungnya dengan bridal, anda bisa meminta paket dengan bridal Hari H, pilihan gaun free untuk photo prewedding plus tidak ketinggalan hair do dan make up. Tidak untungnya, umumnya foto yang diberikan hanya 10-30 pose, sedangkan ada 200 foto! Siap-siap merogoh kocek untuk menebus foto.

Bagaimana yang kedua? Special photography, seperti Delova Photography, Muse photography, Luminaire, Starlite, JHV Studio dan lainnya, benar-benar khusus photo. Untungnya, kualitas photo dan unlimited photo lahhhh... Tidak untungnya, anda harus merogoh kocek untuk sewa gaun, hair do dan make up. Sewa gaun untuk prewedding, yang paling murah dan mahal saya dapat Rp 450.000,- sampai Rp 4.000.000,-. Tapi, special photography banyak yang sudah menyediakan gaun dan make up hair do. Klik disini, untuk harga bridal (blogging soon).

4.Bridal. 
Untuk bridal saya hanya membahas Gaun putih. Dalam hal ini, saya simpulkan ada 4 hal yang dapat dipilih calon pengantin perempuan yaitu sewa baru, sewa second, sewa custom, atau beli baru. Pada saat pemilihan bridal, beberapa hal yang perlu kamu cek dan pastikan sebelum deal yaitu Make up, Gaun dan Paket Harga. Pastikan bridal itu sesuai dengan pilihan kamu, tanpa paksaan. Why? Ada bridal yang saya temukan Gaunnya bagus banget, tapi make up nya kurang atau ada juga yang make up nya WAH! tapi gaunnya kurang, jadi pastikan kamu benar-benar survey sebelum deal. Harganya? Setiap bridal berbeda, yang paling murah Rp 3.500.000,- sampai Rp 30.000.000,- dengan paket beragam. Klik disini, untuk harga bridal (blogging soon)

5. Jas pengantin pria. 
Di mata semua perempuan, jas terlihat sama! Wkwk.. umumnya para pengantin beli baru dan jadi hak milik, karena semakin berkembang dunia fashion, jas pengantin dapat di buat knockdown dimana jas pagi dan malam sama, namun diberi perbedaan seperti list dan dapat pasang lepas dengan mudah. Setelah acara, jas pengantin bisa diubah menjadi jas biasa.. Tadaaaa! Harga? Ini tergantung jenis kain yang dipilih. harga yang paling murah pernah saya dapatkan adalah Rp 3.800.000,- dan paling mahal Rp 8.500.000,-. Untuk jas sudah satu setelan alias sudah komplit mulai dari kemeja, jas, vest, dan celana. Untuk kaos kaki beli sendiri ya. Klik disini (blogging soon) , untuk harga jas.

6. WO atau Wedding Organizer
untuk mempermudah rangkaian acara pernikahan mu, akan jauh lebih baik jika kamu menggunakan WO, karena WO akan membantu jalannya acara dari pagi hingga malam, mulai dari acara yang sifatnya adat sampai modern! katakan kamu tidak mau menggunakan WO, maka minta lah teman atau keluarga agar dapat membantu mu secara detail.
Apakah WO membantu?
kalau bagi saya, YA! karena jika anda menggunakan jasa teman atau keluarga, 1 hal yang pasti, Anda akan menjadi bahan omongan sampai hari tua nanti dan tentunya setiap teman atau keluarga akan kekeuh dengan caranya masing-masing sehingga ada resiko yang akan mengacaukan jalannya acara pernikahan.
Berhubung keluarga ane semua dari luar kota, teman juga punya kesibukan sendiri, banyak perintilan yang harus diurus sendiri, menggunakan jasa WO, pada akhirnya bagi saya penting. Harga? Berhubung saya mendapatkan paket dari Hotel sudah mendapatkan WO, jadi saya tidak bisa share berapa harganya, tapi saya akan share pengalaman menggunakan WO disini (blogging soon).


7. Gaun mama dan bridesmaid. 
Gaun mama, adalah gaun yang paling jarang ditemukan tempat sewanya. Kalaupun nemu, wujudnya sangat simpel. Dan hampir semua tempat sewa gaun, jarang menyediakan sewa gaun mama. Untuk itu, gaun mama bisa dimasukan ke list wajib beli. Harga yang paling murah adalah Rp 2.500.000 hingga Rp 10.000.000,- tergantung model dan bahan.
Gaun bridesmaid, umumnya lebih mudah dicari dan biasa masuk dalam paket bridal. Untuk harga, paling murah Rp 650.000,- sampai Rp 1.500.000,- untuk sewa. Kalau beli baru, sekitar Rp 850.000- sampai Rp 2.500.000,-. Klik disini untuk harga gaun mama dan bridesmaid (blogging soon).

8. Souvenir. 
Dari semua poin, entah kenapa souvenir terasa paling murah dibanding poin lain. LoL. Harga souvenir tergantung souvenir masing- masing. Harga paling murah yang saya dapatkan Rp 2.500,-/souvenir hingga paling mahal Rp 22.000,-/souvenir. Jika anda malas ke asemka atau pasar pagi atau pusat grosir lainnya, coba deal di pameran karena ada additional diskon 10-15%. Selisih harga asemka, pasar pagi dan souvenir online? Sekitar Rp 500,- sampai Rp 3.500,-/souvenir. Tapi jika anda berbelanja di asemka, jangan langsung deal karena harga murah, pastikan kemasan juga termasuk karena umunya kemasan di asemka bukan mika melainkan kardus. :) Untuk souvenir, pilih yang bagus agar dapat disimpan tamu undangan dan tidak jadi bahan omongan. Klik disini, untuk harga souvenir (blogging soon)

9. Sepatu pengantin pria dan perempuan. 
Kalau yang ini, tergantung model, bahan dan brand ya. Saya pribadi untuk sepatu pengantin pria merogoh kocek Rp 750.000,- (buat baru) dan sepatu pengantin wanita merogoh kocek Rp 650.000,-. Untuk sepatu pilih yang nyaman karena selain high heel minimal 12 cm, juga akan digunakan seharian.
Saya sendiri memilih sepatu pengantin di Donamici (Mangga Dua), karena di rekomendasi beberapa yang sudah menikah bahwa sepatunya sangat nyaman, bagus dan murah.
Dan pada akhirnya saya membuktikan sendiri jika sepatu Donamici memang sangat NYAMAN! Tidak pegal, tidak lecet, tidak sakit dan worth for it!
Sedangkan untuk sepatu pria, kami memilih di dalam Grisvian Hewis. Awalnya kami kira Grisvian Hewis ada membuat sepatu juga, sehingga kami akhirnya memilih untuk membuat disana, tapi saat kami menerima struk pembayarannya, ternyata berbeda. Entah usaha dari saudara / teman / pegawai nya. Sebenarnya, sepatu yang dibuat sangat nyaman. Tapi, karena ada miscom, sepatu yang jadi hasilnya sangat berkerut, alasanya dari kulit kambing memang akan seperti itu. Karena kami tidak suka, akhirnya kami meminta pergantian kulit agar tidak sekerut itu. Jadi, harus lebih detail saja sih agar tidak jadi dua kali kerja.

10. Dekorasi. 
Belum pernah sih tanya dekorasi, karena saya sudah dapat dari WO. Tapi untuk additional nya, satu pohon dikenakan Rp 3.000.000,-/pohon. Custom design tergantung design masing-masing. Salah satu teman yang menikah di Jakarta, di 2015 kemarin pun mengatakan bahwa biaya dekorasi itu mahal, dia sampai merogoh kocek puluhan juta.
Well, berhubung dekorasi dari EO dan Hotelt, standartnya sudah bagus, kami pun tidak upgrade apapun. :D

11. Kue Pengantin. 
Untuk kue, masih masuk list paling murah di poin ini, tapi untuk ukuran kue ini sih mahal yakk... Tapi seni itu tidak bisa dinilai dengan harga (ciye, bijak bahasa) . Untuk kue, ada beberapa pilihan mulai dari 3 tiers sampai 8 tiers. Harga? Untuk 3 tiers rata-rata di 1 juta. Untuk 5 tiers di 1 juta sampai 3 juta, dan 8 tiers di 3,5 juta sampai 8 jutaaan. Lebih mahal? Pasti ada! Umumnya kita dapat kue mingle dan kue 16'' minimal 3 kotak untuk dibagikan ke yang lebih tua atau yang jomblo. Harga yang saya share adalah harga pelangi cake. Makin keren desainnya, makin mahal tentunya.. :)
Selain Pelangi Cake, ada banyak toko kue yang menyediakan kue pengantin yang desainnya bisa di sesuaikan dengan imajinasi dari pasangan, sebagai salah satunya eiffel cake (ig : eiffelcake), dan masih banyak lainnya yang dapat anda temukan di Instagram atau Facebook atau weddingku.com

12. Entertainment. 
Berhubung saya dapat juga dari wo, berupa 1 mc, 1 singer dengan 2 alat music seperti keyboard dan gitar atau 1 alat music saja yaitu grand piano, plus sound system output 3.000 watt. Untuk additional 1 alat musik, misalkan saxophone, atau 1 singer lagi, dikenakan Rp 1.500.000,- sampai Rp 2.000.000,-. Tapi dikasih bonus, seperti bubble, smoke gun, atau confetti dan floor manager. Well,kami pribadi diberikan kesempatan memilih 20 lagu untuk nanti dibawakan saat acara. Tapi, saat acara berlangsung, kami pun tidak memperhatikan lagu yang dinyanyikan. Tapi, beberapa dari tamu undangan pun menanyakan band yang kami gunakan, karena sangat bagus, Mungkin bisa dimasukan kedalam list, Venus Entertainment.
Thanks a lot buat Dave,dari meeting sampai akhirnya menjadi MC yang sangat sigap membantu jalannya acara, terutama saat lempar bunga. 2 thumbs up for you! :)

13. Makanannnnnnnnnn. 
Dulu kalau ke undangan orang, kirain makanan tuh murah loh. Ternyataaaaa, mahal.. lol , umumnya sudah dibentuk dalam pax. Misal undangan 200, berarti 400 pax. Rata- rata tempat resepsi menyediakan 3 paket, yaitu 300 pax, 500 pax, 700 pax dan 1000 pax. Loh kalau saya butuh 400 pax? Pilihannya ada 2, satu ambil yang paket 500 pax atau additional per pax. Harga per pax beragam, mulai dari Rp 100.000/pax sampai Rp 400.000,/pax tergantung gedung dan catering. Pax hanya untuk makanan utama, untuk food stall atau gubukan, umumnya diluar pax tapi bisa dipaket. Contoh dimsum, Rp 40.000/pax. Kalau pengalaman yang sudah nikah, biasanya ditambah food stall atau jumlah pax foodstall.

Kami pun menambahkan menu foodstall, karena foodstal dari Hotel yang kami pilih, masih kurang bagi kami. 
Soal rasa, Anda akan diberikan test food 2 atau 3 minggu sebelum acara, jika ada yang dirasa kurang langsung saja di infokan agar menjadi catatan Koki untuk acara nanti.


14 . Wedding Videography
Merekam masa-masa Indah saat moment bahagia mu sangatlah penting. Jasa wedding videography sendiri sudah ada dari pernikahan zaman tante gw. :D
Umumnya paket yang diberikan adalah 2 photographer, 1 videographer yang akan mengabadikan moment kamu. Jika anda berada di salah satu undangan seseorang, dan ada testimony yang kamu berikan, umumnya itu 2 videographer.
Saya sendiri mendapatkan beberapa pilihan wedding videographer, yang merupakan paket dari Hotel. Kami akhirnya menggunakan jasa 2 photographer dan 1 videographer dan SDE (Same day edit) - rekaman acara pagi untuk ditayangkan saat malam).
Untuk Harga? Saya sendiri tidak survey, karena ketika kami lihat IG : Delova Photography, dan datang langsung melihat portofolionya, kami langsung DEAL.
Ko Johanesnya baik banget , dan detail dalam pengambilan gambar.
Saya dan suami saja, sangat menyayangkan tidak mengambil jasa prewedding di Delova Photography, karena seriously! Hasil foto dan konsepnya keren abis.
Harga? klik disini (blogging soon).



Cincin kawin, bouquet bunga, mobil pengantin, pawang hujan, special effect seperti bubble, smoke gun, atau confetti atau perintilan lainnya juga masih banyak. Ini baru list resepsi malam. Belum termasuk lamaran, pemberkatan dan bulan madu.. (untuk perintilan ini, akan saya bahas di sini, blogging soon).

Jadi, berapa sih total biaya nikah?

Tentunya akan berbeda-beda, tergantung tempat, bridal dan lainnya.

Kalau detail biaya nikah kami?
Well, akan kami share di part 2 "Biaya - biaya Nikah.... You need to know!" (blogging soon)

2 komentar:

His GRAHA ELNUSA on May 4, 2017 at 3:10 PM said...

Hallo perkenalkan, aku anggun wedding consultant gedung pernikahan Graha Elnusa, ballroom sudah FULL KARPET + LAMPU GANTUNG parkiran mampu menampung 800 mobil .. sudah ALL IN PACKAGE tggl siapkan souvenir sama undangan aja .. info lanjut silahkan hubungi aku 087881656581 dengan anggun

OWMO on August 25, 2017 at 7:10 AM said...

kue pengantin... kenapa selama ini cuma nemu dummy doang yah...ada sih yg beneran tp ga semua tingkat.

apa level kliennya atau masalah budget?
karena pake merk terkenal juga loh padahal...

Post a Comment

Thanks ..:)

 

Michele's Zone Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template