Tuesday, March 3, 2015

Persiapan WEDDING

Yes, I do!



Tadaaa... salah satu kalimat yang akan mengubah keseharian seseorang dalam jangka pendek dan panjang.

Dari keseharian yang online, googling yoga, kuliner, hair do, korean drama dan lainnya, langsung berganti ke Tempat resepsi, gaun, jas, bridal, photo prewedding, undangan,souvenir, gaun mama, jas papa, dekorasi, mobil pengantin, entertainment, video wedding, sesi lamaran/sangjit dan masib banyak lagi..



Pusing? Tentu sajaaaaaaaaaa...
Salah satu yang membantu tentunya om google, dan beberapa review dari pasangan yang sudah menikah. Namun sayangnya, tidak terlalu banyak yang share. Berawal dari ini, coba saya share mengenai wedding yang mudah-mudahan membantu para calon pasangan.



Dari pengalaman saya, yang paling penting pertama adalah punya pasangan dan restu orang tua. Jika semua sudah oke, carilah tanggal pernikahan.



Nah, untuk tanggal pernikahan jauh lebih baik adalah 8-12 bulan. Alasannya? Kalau persiapan saya hanya 7 bulan, sehingga tidak ada waktu survey. Dampaknya ada pada beberapa item wedding yang utama,contohnya :
1. Gedung / restaurant.
Hampir semua gedung dan restaurant yang selalu digunakan untuk wedding, umumnya sudah di pesan. Ingat, yang mau menikah bukan cuma kamu, tapi ada ratusan calon pengantin. Ketika saya survey,ada saja pasangan yang sudah memesan tempat di November 2015, padahal saya survey tempat pada desember 2014. Apalagi untuk yang mendambakan tanggal cantik, hampir semua sudah di pesan. Untuk hari H saya saja sudah banyak tempat yang sudah di booked. Pilihan tempat juga disepakati, antara indoor, outdoor, rooftop, pantai, hingga gunung. Waktu? Setelah tanggal nikah ditentukan, langsung survey dan deal secepatnya....! ;)

2. Undangan.
Jika dipikir logika, undangan itu mudah. Tapi, pada kenyataan, anda wajib mengurangi 1 bulan dari hari H, karena undangan itu untuk di sebar terutama untuk yang luar kota. Proses desain saja sudah memakan 2 minggu, yang belum tentu sesuai cita-cita. Berarti spare waktu 1 bulan. 1 bulan untuk survey undangan dan vendor, plus budget. Proses cetak hampir semua vendor membutuhkan minimal 1 bulan, itu aja siap-siap molor. Waktu untuk undangan, 3-4 bulan (minimal)

3. Photo Prewedding.
Ini tergantung masing-masing calon, ada yang menggunakan dan tidak. Kalau saya, tentu menggunakan. Secara sekali seumur hidup dan eksis narsis itu wajib. "Kenapa photo prewedding perlu disiapkan di awal? Kan cuma foto aja. Paling sebulan juga jadi.. " Mungkin pernyataan ini yang sempat terlintas. Tapi berdasarkan pengalaman, photo prewedding cukup memakan waktu. Ingat, yang nikah bukan cuma kamu dan pasangan, tapi ada ratusan calon pengantin lain. "Tapi kan ada banyak yang ratusan penyedia jasa photo prewedding". Betul sekali! Tapi yang foto, budget, lokasi itu perlu di survey.. Untuk survey vendor photo prewedding dengan budget dan skill oke, lumayan makan waktu. Dan yang cita-cita photo outdoor, cuaca bisa mempengaruhi loh. Ditambah edit foto yang puluhan itu memakan waktu. Dan terakhir, proses cetaknya tergantung masing-masing vendor. Pastikan kamu mendapatkan make up dan gaun untuk photo prewedding ya. Waktu untuk prewedding sekitar 4 - 5 bulan (minimal).

4. Bridal. 
Untuk menjadikan calon pengantin, berubah menjadi ratu semalam, yang diperlukan adalah gaun. Untuk hal ini ada ragam opsi, mulai dari gaun putih / gaun warna / baju nikah adat. Saya sendiri memilih gaun putih. Dalam hal ini, saya simpulkan ada 4 hal yang dapat dipilih calon pengantin perempuan yaitu sewa baru, sewa second, sewa custom, atau beli baru. Maksudnya? Beberapa bridal menyediakan sewa gaun dan pada umumnya mereka membagi 2 jenis dimana ada gaun yang new arrival dan belum pernah digunakan yang saya sebut SEWA BARU atau pilihan gaun yang sudah pernah digunakan pengantin lain yang saya sebut SEWA SECOND. Kalau untuk SEWA CUSTOM, umumnya jarang saya temukan, ini lebih ke jasa penjahit. Biasanya mereka akan membuatkan baju pengantin dari NOL, yang disesuaikan dengan kemauan calon pengantin. Namun sewa custom ini, gaun TIDAK menjadi hak milik. Kalau untuk menjadi hak milik itu bisa dibilang BELI BARU.
Untuk waktu? Yang paling memakan waktu tentu sewa custom dan beli baru karena itu dibuat dari NOL, kecuali kamu ke pasar pagi atau mangga dua yang memang menyediakan gaun pernikahan untuk dijual. Untuk harga akan saya bahas di judul berbeda. ;)
Jika menggunakan bridal, kita sudah tidak memusingkan make up dan hair do, biasa sudah diberikan paket untuk sewa gaun, make up pengantin dan 2 mama, make up brides maid, dan retouch. Kalau sewa custom dan beli baru di non bridal, kita harus cari lagi jasa bridal atau salon untuk make up dan hair do. Waktu yang diperlukan, tergantung jenis gaun, kalau sewa lebih baik 3-4 bulan, kalau buat lebih aman di 6 bulan.

5. Jas pengantin pria. 
Tidak boleh kalah, pendamping ratu semalam alias calon suami juga wajib mengenakan setelan yang serasi. Jika calon pengantin perempuan menggunakan gaun putih atau warna, maka calon pengantin pria lebih cocok menggunakan setelan Jas. Jika calon pengantin perempuan menggunakan pakaian adat, maka pengantin pria lebih cocok menggunakan pakaian adat (ya iya lah!). Berhubung saya menggunakan gaun putih , maka calon pasangan akhirnya menggunakan jas pengantin. Umumnya warna jas pengantin adalah hita, abu, coklat, dan putih. Untuk harga? Akan saya share di judul berbeda. ;) untuk survey dan pembuatan jas umumnya hampir sama setiap vendor. Berdasakan pengalaman survey jas 1 minggu, masa pembuatan 3 minggu, lalu ketemu untuk fitting 1x, dan bisa diambil sekitar 2 minggu. Waktu yang diperlukan adalah 1,5 bulan minimal.

6. WO atau Wedding Organizer. 
Nah ini, yang masih membingungkan. Ada beberapa yang bilang WO itu yang paling pertama dalam list, tapi ada yang bilang pertengahan. Awalnya sih pikir gak perlu lah, tapi untungnya dari tempat resepsi yang terpilih, ternyata sudah termasuk jasa WO. Tapi, WO di hari H saja. Ada pengalaman teman yang menggunakan WP atau Wedding Planner, nah kalau WP idealnya dari awal, karena WP yang akan membantu kamu mengwujudkan pernikahan idaman. Misalnya mau pernikahan ala country, nah si WP yang akan cari semua vendor yang menyediakan dan atur meeting sama kita. Berhubung dari awal, tidak mau pakai WO jadi tidak banyak yang bisa saya share. Konon katanya, kalau dari awal pakai WO, mereka sudah ada paket jadi hemat waktu survey untuk gedung dan lainnya. Tidak ketinggalan, harga gedung bisa lebih murah daripada kita cari sendiri. Tapi buat yang punya teman atau saudara atau karyawan segudang dan berpotensi, umumnya dapat dimanfaatkan menjadi WO... :D

7. Gaun mama dan bridesmaid.
Ini salah satu yang cukup memakan waktu dan budget, jika disesuaikan dengan cita-cita. Dalam acara pernikahan, tentu TEMA menjadi garis besar agar semua terlihat seragam. Rata-rata mengambil tema di warna, mulai dari gaun mama, keluarga, dekor, undangan hingga souvenir. Misalnya pink, maka gaun mama, dasi papa, gaun bridesmaid, dekor, undangan, souvenir semua ada nuansa pink. Tidak wajib dalam hal ini, namun biasanya vendor akan menanyakan tema warna yang diambil. Untuk gaun mama dan jas papa, biasanya buat baru. Wow! Iya donk, secara biasa yang nikah anaknya, undangan banyakan tamu orang tua dan biasanya gengsi gitu. :D
BUDGET? akan dibahas terpisah ya. WAKTU? Minimal 2 bulan, biar aman. Kalau sewa? Umumnya jarang menemukan tempat yang menyewakan gaun mama. Kalau gaun bridesmaid bisa sewa dan banyak pilihan. Untuk jas papa biasa standar, 1.5 bulan minimal pembuatan dan umumnya dasi saja yang mengikuti warna tema.

8. Souvenir. 
Berdasarkan pengalaman, souvenir yang paling mudah. Saya hanya melakukan 3x survey, pertama di asemka, kedua di pasar pagi, dan ketiga di pameran weddingku, dan tidak ketinggalan online shop. Tidak seheboh undangan yang wajib deal jauh- jauh bulan, rata-rata vendor souvenir yang masih terima pesanan 3 bulan sebelum hari H.

9. Sepatu pengantin pria dan perempuan.
Ini yang bisa jadi kelupaan, dan penting. Umumnya sih beli atau buat baru, dan belum pernah cek sih ada tempat sewa sepatu atau tidak. Waktu pencarian sih 2 minggu, pembuatan 1 bulan.

10. Dekorasi
9 kebutuhan sudah selesai! Mari masuk ke dekorasi. Untuk dekorasi belum bisa saya share dan tidak bisa detail karena saya sudah dapat fasilitas dekorasi dari WO. Dekorasi yang didapat standar dan saya pribadi suka dengan dekorasi tersebut. Untuk dekorasi, umumnya panggung, backdrop, gate, fresh flower, kursi dan karpet yang didapatkan. Namun untuk yang suka dengan nuansa asri, umumnya dekorasi menyediakan pohon, atau yang menyerupai bangunan akan ditambahkan styrofoam. Waktu? Info dari vendor, 1 bulan sebelum hari H di infokan untuk warna dan konsep.

11. Kue Pengantin
Seperti biasa, kue pengantin itu wajib di setiap pernikahan. Tidak sulit untuk deal kue pengantin. Sebagai info, deal di pameran wedding untuk mendapatkan penawaran yang oke. Berdasarkan pengalaman, saya survey ke store dan pameran, pilihan di pameran lebih banyak ada tambahan promo. Semestinya kue 3 juta, kita cuma bayar 2,5 jt plus dapat tester cake juga dan tambahan cake lebih banyak. Waktu? Pas pameran, deal aja yang ada promo.. hehe.. untuk warna bisa menyusul kata vendor, dan di info 2 minggu sebelum hari H.

12. Entertainment. Tidak lengkap pernikahan tanpa MC dan singer. Untuk ini, deal pas pameran juga lebih oke. Tapi, umumnya gedung dan restaurant sudah punya rekanan dengan bagian entertainment. Untuk yang satu ini, saya kurang mengerti untuk ideal waktunya.

13. Makanannnnnnnnnn. 
Ini bagian yang paling penting! ?Uda ngundang, terus makanan gak enak. Yang ada jadi omongan orang. :D Kok urutan makanan paling bawah? Nah ini bisa jadi urutan kedua atau urutan terakhir. Kalau untuk saya, ini urutan terakhir karena tempat resepsi berlokasi dihotel dan saat deal dengan pihak hotel, itu sudah termasuk paket makanan. Nah, ini berlaku untuk yang memilih tempat resepsi di restaurant juga. Kalau calon pengantin memilih tempat resepsi di gedung seperti function hall, biasa mereka menyediakan rekanan catering yang wajib kita pilih. Boleh kok catering dari luar rekanan, tapi akan dikenakan charge. Untuk yang dapat rekanan, pemilihan catering menjadi prioritas kedua.Untuk hal makanan, dari pihak Hotel sih menjadwalkan paling cepat 1 bulan untuk food testing sebelum hari H.

Ternyata, ada banyak yang harus dipersiapan untuk resepsi pernikahan 1 hari ya. Ada 13 poin yang wajib.
"Loh? Poin wajib? Masih ada lagi?"


Yup.. cincin kawin, bouquet bunga, mobil pengantin, pawang hujan, wedding videography, special effect seperti bubble, smoke gun, atau confetti atau perintilan lainnya juga masih banyak. Ini baru list resepsi malam. Belum termasuk lamaran, pemberkatan dan bulan madu.. :D
Dari yang sudah dijabarkan, hampir setiap poin memakan waktu 2 minggu -1 bulan untuk survey, dan proses pembuatan minimal 1 bulan hingga 6 bulan. Dan sekali lagi, tempat resepsi yang favorit dan tanggal cantik harus di booking minimal 8 bulan sebelum hari H.
Habis ini, saya akan share BIAYA dari 13 poin wajib (pasti ini salah satu yang di search) :D
Have a nice day!

10 komentar:

derry octaviance on April 14, 2015 at 12:36 PM said...

halooow michelle ..
salam kenal yahhh ..happy to read your blog ..

detaaail sekaliii penjelasannya *prokprokprok ..
hihiyy

untuk wedding kapan sis ?lagi rempong juga nih siapin wedding ..huff

ellalae on May 14, 2015 at 9:42 PM said...

Awas kalau makanannya gak enak...

#eh ngancem hahahaha

Farid on February 5, 2016 at 12:20 PM said...

Blognya bagus banget kak :)
Selamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan penataan yang bagus?
Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/

Indra Jaya Kurniawan on April 18, 2016 at 1:49 PM said...

terimakasih kak blognya sangat inspiratif dan membantu banget.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat website gratis yukk disini saja.. terimakasih

Grosir Souvenir Pernikahan on August 18, 2016 at 8:47 PM said...

trim's gan artikelnya sangat membantu sekali,

Sprei Katun Jepang on August 22, 2016 at 1:55 PM said...

good,nice

rental elf di batu on March 10, 2017 at 12:50 AM said...

Thanks infonya, doain lancar ya.

Ricky Jhonatan on March 12, 2017 at 12:49 PM said...

Over DP gedung pernikahan sasana kriya, ballroom mandira. 12 agustus 2017. Malam hari. Harga 4.000.000 saja. Saya sudah DP 5.500.000. Gedung terbaik di Taman mini indonesia indah. TMII dan jakarta timur.. Urgent hubungi 081284113250

Ricky Jhonatan on March 12, 2017 at 12:50 PM said...

Over DP gedung pernikahan sasana kriya, ballroom mandira. 12 agustus 2017. Malam hari. Harga 4.000.000 saja. Saya sudah DP 5.500.000. Gedung terbaik di Taman mini indonesia indah. TMII dan jakarta timur.. Urgent hubungi 081284113250

dini hiscorp on July 12, 2017 at 4:32 PM said...

HIS Wedding Grand Slipi Convention Hall
Venue Wedding Terlengkap di Jakarta
Paket All-in-One , include :
- Ballroom dgn Kapasitas sampai 1500 Orang
- Catering (Buffet & Stall)
- Dekorasi
- Entertainment
- Photography
- Rias Busana / Bridal
- Wedding Organizer (8 Crew)
Bonus :
Wedding car for 8 Hours area Jakarta & MC
JULY HOT PROMO :
HONEYMOON (FREE) at The Kasih Villa's Bali for 3D2N
more info : PM me Dini or Call/WhatsApp 0812.8738.7883

Post a Comment

Thanks ..:)

 

Michele's Zone Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon | Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template